Solusi Aplikasi Pencatatan Keuangan dan Stok Terintegrasi untuk UMKM yang Pas di Budget

posted in: Bisnis, Perspektif Keuangan 0

Perusahaan yang profesional pasti memiliki sistem pencatatan keuangan. Karena berbisnis sperti sedang berlayar di tengah laut. Kita tak akan tahu posisi kita tanpa sistem navigasi. Di perusahaan sistem pencatatan keuangan itu seperti sistem navigasi pada kapal laut.

Uang di tangan tak dapat bercerita apa pun. Ia tak bisa berkata, besar rugi/laba, hutang piutang, nilai stok di gudang, kapan hutang jatuh tempo, uang kas ada di mana saja dan lain-lain. Padahal semua informasi ini vital untuk mengambil keputusan.

Selain itu tanpa ada pencatatan keuangan yang baik, cepat atau lambat akan terjadi kebocoran.
Contoh: Anda gembira ketika terjadi sales. Tapi tak sadar, Anda mengalami kerugian dalam setiap penjualannya. Karena uang hasil penjualan tidak 100% masuk. Anda lupa menagih, karena sudah lama. Sementara itu Anda tidak punya catatan, siapa, kapan, dan berapa rupiah piutangnya. Hingga akhirnya Anda kebingungan kok rasanya penjualan banyak, tapi uang tak ada?

Pencatatan keuangan juga penting untuk melihat histori. Ada kalanya customer Anda datang mengklaim suatu transaksi yang sudah lama sekali. Misal: Masih ada sisa uang di Anda, mau minta refund. Tanpa pencatatan ini susah sekali untuk memastikan. Sehingga siapa saja yang mengklaim pasti Anda bayar atau tidak bayar sama sekali. Akhirnya kalau Anda bayar, Anda merasa tidak sreg, kalau Anda tidak bayar, pelanggan merasa tidak sreg.  Karena tak ada bukti.  Dengan pencatatan keuangan yang baik, hal ini dapat terkontrol dengan bukti.

Pencatatan keuangan membantu Anda melihat masa depan. Seperti yang kita tahu, cash adalah darah di bisnis. Uang tunai habis, semuanya game over. Dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan, Anda akan dapat melihat kondisi kesehatan uang tunai Anda. Dan Anda bisa memprediksi, berapa lama Anda akan hidup, bila tidak ada pemasukan.

Pengontrolan stok juga merupakan sesuatu yang penting. Tanpa pencatatan stok yang yang baik, maka susah sekali untuk mengetahui berapa nilai stok dan kuantitasnya. Contoh: Ada customer yang meminta suatu barang. Anda bingung, barangnya ada atau tidak ya di gudang. Apalagi kalau jumlah artikel barang Anda sangat banyak. Dengan sistem kontrol stok, semua ini bisa terjawab.

Contoh lain: Anda bertanya-tanya sebaiknya mulai menyetok lagi atau tidak ya? Sekarang nilai inventorinya sudah berapa? Apa saja ya yang perlu di stok? Barang mana yang paling laku? Dengan pencatatan stok yang baik, maka keputusan ini dapat lebih mudah diambil.

Masih banyak kegunaan sistem pencatatan keuangan dan stok yang baik. Seperti Anda bisa mendapatkan laporan-laporan keuangan yang penting, seperti laporan rugi laba, neraca, arus kas, dan lain-lain sebagainya.
Laporan Rugi/Laba menunjukkan dalam satu periode Anda untung atau rugi, berapa pemasukan dan berapa pengeluaran, berapa untung kotor dan bersihnya.
Laporan neraca, menunjukkan garis besar harta Anda. Sebagaimana harga adalah modal dan hutang.
Laporan arus kas menceritakan, uang kas yang Anda miliki sumbernya dari mana saja.

Solusi sistem pencatatan keuangan dan stok terintegarsi untuk UMKM

Zaman dulu orang mencatat secara manual. Kelemahannya adalah makan waktu dan human error. Zaman now sudah ada aplikasi yang bisa memotong biaya waktu dengan otomatisasi.

Namun demikian UMKM seringkali menggunakan solusi-solusi terpisah. Untuk keuangan pakai aplikasi A, untuk stok pakai Excel, untuk invoice pakai aplikasi B. Ini merepotkan dan tidak efisien karena terjadi pengulangan input. Anda butuh solusi yang terintegrasi.

Software keuangan dan stok terintegrasi umumnya mahal dan ribet. Harganya bisa Rp. 50 jutaan ke atas. Selain itu Anda harus menyediakan server yang menyala 24 jam untuk akses 24 jam. Apalagi kalau Anda memiliki beberapa tempat dan ingin saling terhubung, maka akan ada biaya-biaya tambahan lainnya seperti dedicated IP address dan internet. Belum lagi Anda harus siap tenaga ahli yang bisa menangani apabila sewaktu-waktu terjadi masalah dengan server.

Jawaban dari pencarian Anda untuk software yang terjangkau dan terintegrasi mungkin ada di www.jurnal.id. Klik di sini untuk bisa mendapatkan trial 30 hari dari yang normal hanya 7 hari. Anda tidak perlu keluar uang puluhan juta. Cukup berlangganan dengan biaya beberapa ratus ribu. Anda akan mendapatkan sistem yang seperti software perusahaan besar.

Pada dasarnya sistem mereka bersifat online. Sistem online akan memudahkan Anda untuk mengakses sistem dari mana aja dengan internet.

Menggunakan sistem online juga berarti data Anda akan tercatat di database mereka. Bagi sebagian orang mungkin khawatir dengan kerahasiaan informasi keuangannya. Akan tetapi jika Anda memiliki budget terbatas, maka solusi ini memungkinkan Anda bergerak di awal. Bandingkan bila Anda harus keluar 50 juta di muka demi data yang bisa Anda keep sendiri. Untuk informasi mengenai kerahasiaan dan keamanan data dapat Ada tanyakan langsung.

Mengapa Happy Baby merekomendasikan www.jurnal.id:

  1. Pencatatan keuangan salah satu kunci survival sebuah perusahaan.
    Kami ingin pelanggang-pelanggan kami tetap hidup dan tetap menjadi pelanggan setia kami 🙂
  2. Customer service yang profesional.
    Berdasarkan penilaian kami, jurnal.id siap memberikan bantuan secara offline dan online. Terutama fitur live chat mereka sangat membantu sekali di saat ada masalah. Happy Baby sebagai perusahaan yang sangat online, sudah seringkali merasakan layanan-layanan live chat. Jadi kami bisa membandingkan mana pelayanan yang baik dan tidak.
  3. Jurnal.id didesain secara efisien.
    Sehingga untuk menginput suatu transaksi cukup dengan satu atau dua kali klik saja. Berbeda dengan aplikasi sejenis yang pernah kami gunakan sebelumnya.
  4. Jika tidak berlangganan lagi, semua data masih bisa dilihat
    Ini penting, sehingga bila dibutuhkan Anda masih bisa melihat data masa lalu. Karena ada perusahaan lain yang mengunci, kecuali Anda terus berlangganan.
  5. Tidak terasa bug yang mengganggu.
    Kalau sebuah sistem banyak bug/gangguan kecil, ini menyebalkan. Bahkan malah Anda yang menjadi pencari atau pelapor bug. Waktu Anda habis. Di jurnal.id tidak terasa hal ini.
  6. Sistem mereka secara keseluruhan bisa dibilang cepat.
    Jadi waktu Anda tidak terbuang menunggu sesuatu untuk loading. Meskipun perlu diakui masih ada di beberapa bagian yang terasa sangat lambat, khususnya untuk urusan inventori.
  7. Sistem mereka juga bisa terhubung dengan POS.

    Jadi Anda tidak perlu beli mesin register. Cukup dengan tablet atau HP.
  8. Direct Feed.
    Seringkali orang akuntan harus mengopas mutasi bank untuk melakukan pencocokan transaksi. Di jurnal, mutasi bank bisa ditarik langsung (direct feed). Sehingga pencocokan juga bisa dilakukan secara sistem.

Jurnal.id tidaklah sempurna. Sebagaimana yang kami rasakan:

  1. Proses daftar item yang pelan
    Laporan atau tranasaksi yang perlu menampilkan daftar barang, bila artikel itemnya sangat banyak, terasa sangat lambat.
  2. Tidak bisa menampilkan kode barang di dokumen tertentu
    Tidak menampilkan kode barang di dalam invoice, sales order, dan dalam dokumen-dokumen sejenis.
  3. Tidak bisa melihat foto secara ukuran besar dari artikel item
    Misalnya ada sales order berisi item A, Anda tidak bisa lihat bendanya seperti apa.
  4. Sistem jurnal menggunakan nama benda sebagai Unique Identifier.
    Apabila dihubungkan dengan sistem lain, ini menyulitkan, karena format nama benda cenderung lebih tidak beraturan. Tidak seperti kode barang yang format sudah pasti.

Ketika Anda menggunakan sistem semacam jurnal.id. Ada kalanya Anda harus menyesuaikan bisnis Anda dengan cara kerja sistem.Karena memang sistem tersebut dibuat untuk mencakup berbagai bidang industri. Sehingga kalau di bisnis Anda ada proses yang unik atau spesifik, Anda yang beradaptasi.

Segala kelebihan dan kekurangan yang saat ini kami tuliskan, mungkin suatu saat bisa berubah di masa depan. Untuk informasi lebih detil dan jelas, silahkan Anda menghubungi sendiri ke www.jurnal.id.

Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu Anda. Semoga sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.